Articles

Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

Hidup sehat dapat dicapai dengan mengubah pola pola hidup kita sehari-hari. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita menjadi lebih panjang umur dengan kualitas hidup yang baik, juga tampak lebih awet muda. Hal ini sebenarnya tidak sulit dilakukan namun memerlukan suatu komitmen jangka panjang untuk menjalaninya. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk senantiasa menjaga kesehatan, antara lain:

1. Melakukan medical check up

Untuk hidup sehat, langkah awal yang baik untuk dilakukan adalah menjalani check up untuk mengetahui status kesehatan saat ini. Pemeriksaan ini juga membantu seseorang untuk mengetahui ada tidaknya suatu penyakit yang dialami lebih dini sehingga dapat ditangani lebih awal.

2. Berolahraga

Kita semua mengetahui bahwa berolahraga secara teratur baik untuk kesehatan. Apa saja keuntungannya? Berolahraga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal karena olahraga membakar kalori, semakin sering kita berolahraga maka semakin banyak kalori yang terbakar. Olahraga teratur membantu mencegah terjadinya penyakit seperti stroke, diabetes (kencing manis), dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu dengan berolahraga juga dapat memperbaiki mood, badan lebih bugar untuk melakukan aktivitas sehari-hari, serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain: aktivitas aerobik (misalnya berjalan, jogging, berenang, bersepeda), latihan kekuatan (strength training) baik dengan barbel atau dengan berat badan sendiri, dan stretching setelah selesai berolahraga.

The Department of Health and Human Services merekomendasikan orang dewasa yang sehat melakukan aktivitas aerobik sedang minimal 150 menit (2.5 jam) per minggu atau aktivitas aerobik berat 75 menit per minggu, latihan kekuatan otot minimal 2 kali per minggu, dan stretching sekitar 30 detik untuk setiap gerakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kita cukup meluangkan waktu kira-kira 30 menit per hari untuk berolahraga. Tetapi bila ingin menurunkan berat badan atau mencapai target tertentu, anda mungkin perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk berolahraga.

3. Makan makanan yang sehat

Setiap makhluk hidup perlu makan untuk proses pertumbuhan dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Untuk menyiapkan menu-menu sehat, tentunya kita memerlukan bahan makanan yang sehat. Pilihlah bahan makanan yang segar dan tidak merupakan hasil olahan pabrik. Makanan yang sehat terdiri dari buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan produk susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak.

Dianjurkan makan sebanyak 3 kali per hari dengan membatasi porsi makan secukupnya untuk memuaskan rasa lapar tapi tidak menyebabkan penambahan berat badan berlebihan. Hindari minuman bersoda dan mengandung kadar gula tinggi. Sebaiknya tidak makan ‘berat’ di malam hari menjelang tidur untuk mencegah penambahan berat badan. Pola hidup vegetarian sudah dikenal dapat menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengurangi berat badan.

FACTS :

  • Mengurangi konsumsi daging dengan menambah makan sayur dan buah-buahan terbukti memperpanjang usia dan membuat seseorang tampak lebih awet muda.
  • Secara alami kita merasakan kelelahan di dua waktu yang berbeda dalam satu hari yaitu jam 2 pagi dan jam 2 siang. Hal inilah yang menyebabkan kita merasa ngantuk setelah makan siang.

4. Minum cukup air putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan terbaik dan paling sehat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda tergantung dari aktivitas fisik, penyakit yang dialami, cuaca, dan faktor lainnya; tetapi umumnya wanita dewasa dianjurkan untuk minum air sebanyak 1.6 liter per hari (delapan gelas berukuran 200 ml) sedangkan pria dewasa dianjurkan untuk minum air 2 liter per hari (sepuluh gelas berukuran 200 ml). Sumber asupan cairan tidak hanya berasal dari minuman saja, tetapi dapat pula diperoleh dari makanan yang dikonsumsi seperti soup, buah-buahan dan sayuran.

Bagaimana caranya mengetahui bahwa tubuh sudah cukup air? Salah satu cara sederhana untuk melihat kecukupan air dalam tubuh adalah dengan melihat warna kencing (urine) yang dikenal dengan nama Periksa Urine Sendiri (PURI). Urine yang menjadi patokan bukan merupakan urine pertama yang dikeluarkan setelah seseorang bangun dari tidur tetapi urine berikutnya. Indikator urine sehat yang menandakan seseorang cukup cairan adalah urine yang berwarna bening; bila urine berwarna sangat pekat berarti orang tersebut mengalami dehidrasi (kurang cairan).

5. Mengatasi stress

Stress merupakan reaksi fisik dan psikologis yang normal ketika seseorang dihadapkan pada tuntutan hidup yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Dalam kondisi stress, tubuh akan melepaskan hormon-hormon yang menyebabkan seseorang bereaksi terhadap pencetus stress tersebut. Reaksi setiap orang terhadap stress sangat bervariasi dan bila dibiarkan dalam jangka waktu lama stress dapat menimbulkan masalah kesehatan, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengatasi stress.

Ada berbagai cara untuk mengatasi stress, antara lain berpikir positif untuk setiap hal yang dihadapi, mencari bantuan dan dukungan dari keluarga dan teman-teman; beberapa orang dapat merasa lebih tenang dengan mengatur pernafasan, melakukan massage, yoga, meditasi, atau pergi ke tempat dengan suasana alam. Yang terpenting adalah kita harus mengidentifikasi masalah yang terjadi dan berusaha mencari solusi untuk mengatasinya.

6. Cukup tidur

Untuk hidup sehat setiap orang membutuhkan tidur yang cukup karena hal ini berpengaruh terhadap kesehatan mental. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menganjurkan waktu yang baik untuk tidur berdasarkan usia seseorang sebagai berikut:

– Sejak lahir sampai usia 2 bulan: 12-18 jam

– Usia 3-11 bulan: 14 – 15 jam

– Usia 1-3 tahun: 12 – 18 jam

– Usia 3-5 tahun: 11 – 13 jam

– Usia 5-10 tahun: 10 – 11 jam

– Usia 10-17 tahun: 8,5 – 9,5 jam

– Usia >18 tahun: 7 – 9 jam

Orang berusia lanjut juga membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur, tetapi mereka tidak dapat tidur terlalu nyenyak, dapat terbangun di malam hari atau terbangun sangat pagi, sehingga dengan tidur siang dapat membantu mereka untuk mencukupi kebutuhan tidur sehari-hari.

7. Bersosialisasi

Hidup yang sehat tidak cukup hanya dengan aktivitas dan pola makan yang baik saja, tetapi juga membutuhkan relasi dengan sesama karena kita adalah makhluk sosial. Luangkanlah waktu bersama orang lain seperti menjalin hubungan baik dengan tetangga.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih, (Online), (http://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih, diakses 12 Agustus 2016).
  2. Mayo Clinic Staff. 2014. Exercise: 7 benefits of regular physical activity (Online), (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389, diakses 12 Agustus 2016).
  3. Mayo Clinic Staff. 2015. Fitness Basics (Online), (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/basics/fitness-basics/hlv-20049447, diakses 12 Agustus 2016).
  4. Mayo Clinic Staff. Stress Basics (Online), (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/basics/ stress-basics/hlv-20049495, diakses 12 Agustus 2016)
  5. Hitti, M. 2009. Healthy Living: 8 Steps to Take Today (Online), (http://www.webmd.com/balance/features/healthy-living-8-steps-to-take-today, diakses 11 Agustus 2016).
  6. Millan M Amanda, (2013). “Top 20 Foods to Eat fo Davis, C.P. and Stoppler, M.C. (Ed.). 2016. Healthy Living Facts (Online), (http://www.medicinenet.com/healthy_living/article.htm, diakses 11 Agustus 2016).
  7. National Sleep Foundation. 25 Random Facts about Sleep (Online), (https://sleepfoundation.org /sleep-news/25- random-facts-about-sleep, diakses 12 Agustus 2016).

Download artikel: Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

traveler
wisata 

×