Articles

Herpes Zoster

Herpes-Zoster-LippoInsurance

Mendengar kata Herpes sering dikaitkan dengan penyakit seksual, padahal penyakit ini tidak selalu diakibatkan oleh aktivitas seksual. Dalam dunia medis, penyakit Herpes merupakan bentuk lain dari penyakit cacar yang merupakan peradangan kulit dan ditandai oleh bentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok.

Banyak orang belum memahami betul mengenai Herpes Zoster yang bukan merupakan penyakit kelamin. Herpes Zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster, sama dengan virus yang menyebabkan cacar air. Cacar air terjadi ketika virus Varicella Zoster menginfeksi seorang anak pertama kali. Sedangkan Herpes Zoster terjadi ketika cacar air yang diderita seseorang sudah sembuh namun di tubuh orang tersebut masih ada virus Varicella Zoster yang bersifat laten dan muncul kembali.

Setelah sembuh dari cacar air, virus akan “tertidur” (menjadi tidak aktif) pada akar saraf manusia. Pada beberapa orang, virus akan kembali “bangun” akibat beberapa faktor seperti stres, atau penuaan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa obat-obatan juga dapat memicu virus untuk aktif kembali dan menyebabkan munculnya ruam Herpes Zoster. Tidak jelas mengapa hal ini terjadi. Tapi setelah virus menjadi aktif lagi, virus tersebut hanya dapat menyebabkan Herpes Zoster, bukan cacar air.

Herpes Zoster atau yang sering disebut juga dengan cacar ular/api dapat terjadi pada siapa saja yang pernah mengalami cacar air. Kebanyakan orang yang mengidap Herpes Zoster akan sembuh dan tidak akan terserang lagi. Tetapi sangat mungkin untuk terserang Herpes Zoster lebih dari sekali. Cara untuk mengurangi risiko timbulnya Herpes Zoster adalah pemberian vaksinasi. Vaksinasi disarankan bagi orang yang berusia di atas 50 tahun. Vaksin juga dapat diberikan pada orang yang pernah menderita Herpes Zoster untuk mencegah kekambuhan. Walau tidak dapat mencegah Herpes Zoster sepenuhnya, vaksinasi setidaknya bisa mengurangi keparahan gejala penyakit ini dan mempercepat waktu penyembuhan.

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, Herpes Zoster merupakan kelanjutan dari penyakit cacar air, sehingga penyakit Herpes Zoster tidak dapat ditularkan. Namun, penderita dapat menjadi sumber penyebaran virus Varicella Zoster yang dapat mengakibatkan orang lain terkena cacar air dan sangat disarankan kepada para penderita untuk istirahat di rumah sampai benar-benar sembuh. Bagi anak-anak atau orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air harus menghindari kontak dengan penderita Zoster agar tidak tertular virus ini. Konsumsi makanan bergizi juga diperlukan untuk meningkatkan imunitas agar terhindar dari penyakit ini.


DAFTAR PUSTAKA

Willy, T. 2019. Virus : Herpes Zoster. Online : www.alodokter.com. Diakses tanggal 25 Febuari 2019.


Download artikel Herpes Zoster

traveler
wisata 

×