Articles

Kenali Mata Terinfeksi Virus Corona Lewat Tanda Berikut Ini!

hingga saat ini penelitian terhadap gejala serta penanganan COVID-19 masih terus berlangsung. Banyak orang mengira bahwa infeksi virus COVID-19 ini hanya menyerang saluran pernapasan saja. Faktanya, dari beberapa penelitian terbaru, virus ini juga mampu mempengaruhi organ vital lain, seperti indera penglihatan. Virus tersebut mampu berkembang biak melalui lendir yang ada di selaput mata hingga bagian dalam mata. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai gejala mata merah serta gangguan penglihatan sebab bisa menjadi salah satu gejala    infeksi COVID-19.

Bagaimana infeksi virus Corona menyebar?
Virus Corona bisa menyebar melalui berbagai media. Setelah masuk ke dalam tubuh, virus tersebut akan menginfeksi sel-sel sehat dan kemudian akan berkembang biak menyebar ke seluruh tubuh.

Pada umumnya, protein virus ini akan menyerang reseptor sel di bagian           paru-paru. Kemudian, protein-protein tersebut akan mengambil alih fungsi sel yang telah terinfeksi sebelumnya. Setelah 1 hingga 2 minggu, tubuh akan mengenalinya sebagai benda asing yang berbahaya bagi tubuh. Sistem imun akan mulai mempelajari benda asing tersebut dan akhirnya menyebabkan gejala umum berupa demam.

Tanda mata terinfeksi virus Corona
Pada beberapa kasus, virus COVID-19 juga bisa menginfeksi indera penglihatan terutama pada bagian bola mata putih dan bagian dalam penglihatan. Gejala yang ditimbulkannya biasanya berupa mata merah hingga gatal-gatal.


Setidaknya 1-3 persen penderita COVID-19 mengalami gejala berupa konjungtivitis yaitu kondisi yang terjadi akibat infeksi virus pada konjungtiva mata. Anda perlu hati-hati dan memeriksakan diri ke dokter apabila gejala lain seperti demam, batuk, dan sesak napas yang muncul bersamaan.


Jangan mengucek atau menggaruk area mata yang gatal karena dapat memperparah kondisi dan bisa saja membantu menyebarkan virus tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tanda jika virus Corona telah menginfeksi mata:
1. Sensitif terhadap cahaya
Penderita yang terinfeksi virus Corona pada bagian mata akan cenderung lebih sensitif terhadap cahaya (fotofobia). Lingkungan di mana ada banyak cahaya akan memberikan ketidaknyamanan dan mengganggu bagi penderita. Pada kasus tertentu, penderita bisa juga mengalami pusing saat memaksakan untuk melihat di lingkungan bercahaya.

2. Rasa gatal berlebih
Pada beberapa kasus tertentu, mata juga bisa mengalami rasa gatal dan perih yang berlebihan. Selain itu, beberapa penderita juga akan merasakan sensasi seperti terbakar dan pembengkakan  pada mata.

3. Mata merah (Konjungtivitis)
Konjungtivitis merupakan infeksi pada bagian konjungtiva yang menyebabkan bola mata berwarna merah karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang mengalami kelainan fungsi.

Cara pencegahan yang perlu dilakukan

Penularan virus Corona dari seseorang yang sudah memiliki gejala kepada orang lain dapat terjadi apabilapenderita menyentuh mata lalu melakukan kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Dan melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas kesehatan yang tersedia jika Anda terinfeksi virus Corona.

Jika terjadi infeksi pada mata Anda, segera kunjungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda atau akses aplikasi MySiloam untuk konsultasi secara online agar mendapatkan saran dan anjuran dokter spesialis mata.

 


Download artikel ‘Yang Perlu Anda Tahu Untuk Menjaga Kesehatan Telinga Secara Tepat’

traveler
wisata 

×