Articles

Kualitas Hidup Penderita Asma Harus Tetap Baik

Kualitas-Hidup-Penderita-Asma-Harus-Tetap-Baik-1

Jika ingin berbicara mendalam seputar penyakit pada paru-paru, rasanya ia adalah sosok yang paling tepat. Ia tidak sekadar dokter spesialis paru-paru, tetapi juga guru besar yang telah menerbitkan berbagai hasil penelitian. Pengalaman dan pengetahuan yang luas itu telah menjadikannya salah satu dokter paru-paru terbaik di Indonesia. Itulah Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro Sp.P (K), ahli paru-paru Siloam Hospitals Asri, Jakarta. Ia adalah dokter pengalaman tidak terbantahkan di bidang paru-paru. Menurut catatannya, jumlah penderita penyakit pada paru-paru dan gangguan pernafasan, seperti asma, cukup tinggi di Indonesia. Namun sayangnya mereka tidak ditangani secara tepat. Umumnya penderita hanya tahu bahwa dirinya terkena asma, namun ia tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan ia asma. Menurut Prof. Hadiarto untuk mengetahuinya harus dilakukan serangkaian tes. Salah satu tesnya adalah pemeriksaan darah rutin alergi. Ini dilakukan karena salah satu penyebab asma adalah alergi. Prof. Hadiarto juga mengingatkan, banyak faktor eksternal yang membuat orang terkena asma. Di kota besar seperti Jakarta misalnya, faktor-faktor itu sangat banyak. “Misalnya saja polusi udara. Kemudian mereka yang bekerja di pabrik kimia dan pabrik kosmetik, juga berisiko terkena asma”, tambahnya. Prof. Hadiarto berharap pasien masih dapat menjalani hidup dengan baik, walau asma tidak dapat disembuhkan total.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari dan Diwaspadai Penderita Asma

Selain dengan terapi obat, penyakit asma dapat dihindari atau diminimalisir jika penderita menjauhi hal-hal yang menjadi faktor pencetusnya. Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro, SpP(K) memaparkan beberapa hal yang sebaiknya dihindari atau diwaspadai penderita asma.

Mengonsumsi Makanan Pemicu Alergi  

Hindari makanan-makanan yang dapat memberikan reaksi pada tubuh, misalnya menghindari kacangkacangan bagi mereka yang alergi terhadap kacang, atau makanan laut bagi mereka yang alergi makanan laut.

 

Kualitas-Hidup-Penderita-Asma-Harus-Tetap-Baik-2Melakukan Olahraga yang Terlalu Berat

Olahraga yang terlalu berat dan dengan porsi berlebihan dapat memicu kambuhnya asma. Adapun olahraga yang baik bagi penderita asma adalah olahraga yang dapat melatih pernapasan, seperti berenang dan yoga.

Udara yang Kurang Bersahabat  

Udara dingin biasanya membuat asma kembali kambuh. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh, serta mengonsumsi minuman atau makanan yang hangat-hangat.

Lingkungan yang Kurang Sehat  

Misalnya, hunian yang dekat dengan pabrik, polusi udara dan tempat tinggal yang kurang higienis. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah memilih lingkungan tempat tinggal yang sehat, menghindari paparan polusi udara, serta membersihkan rumah dengan teratur agar debu dan tungau tidak berkembang biak.


Daftar Pustaka

Majalah Silver. Maret 2016. ‘Kualitas hidup penderita asma harus tetap baik’, hal 8-11.


Download artikel Kualitas Hidup Penderita Asma Harus Tetap Baik

traveler
wisata 

×