Articles

Mengenal Miom & Kista

LippoInsurance-Health-Corner---Mengenal-Miom-&-Kista-2

Miom dan kista merupakan dua jenis tumor jinak pada organ reproduksi wanita yang berbeda namun sering dianggap sama. Kedua penyakit ini kebanyakan berkembang setelah menstruasi pertama dan berkurang setelah menopause. Karena timbulnya miom dan kista yang dipengaruhi oleh hormon estrogen, membuat penyakit ini banyak mengintai wanita dalam masa produktif, yaitu kisaran usia 25 – 45 tahun.

Perbedaan miom dan kista paling mudah dikenali dari bentuk dan letaknya. Miom adalah pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim atau istilah sederhananya adalah daging tumbuh dalam rahim, sedangkan kista adalah kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium atau indung telur bisa di bagian kiri, kanan, atau di kedua indung telur.

LippoInsurance-Health-Corner---Mengenal-Miom-&-Kista-1

Pertumbuhan miom sering tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala, terlebih jika ukurannya masih kecil atau jumlahnya sedikit. Namun pada kasus tertentu, timbulnya miom bisa ditandai dengan perdarahan dari vagina, perut kram, nyeri panggul saat menstruasi, serta sering buang air kecil. Miom dapat berbahaya apabila tumbuh lebih dari satu lokasi di dalam rahim, dengan berat dan ukuran yang bervariasi. Ini dapat menyebabkan gangguan pada rahim.

Berbeda dengan miom, kista ovarium bisa tumbuh secara alami di dalam tubuh wanita, terutama pada wanita yang sedang berada dalam masa subur atau sedang haid. Tetapi, kista akan menimbulkan masalah  jika  ukurannya

membesar sehingga menyebabkan perut membesar dan menimbulkan keluhan seperti kembung, mual, muntah, sakit saat berhubungan seksual, nyeri payudara serta sakit di punggung belakang atau paha. Jika kondisinya semakin parah, dapat disertai dengan demam, lemas, serta nyeri panggul yang sangat mengganggu.

Meski hanya sedikit kasus tumor jinak ini yang berkembang menjadi kanker ganas, namun pencegahan sedini mungkin harus tetap dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan berkualitas seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak, sering mengkonsumsi makanan kaya serat dan rutin berolahraga untuk memperkecil resiko terjadinya miom dan kista ovarium ini.


DAFTAR PUSTAKA

  • Adrian, K. Kesehatan : Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium Yang Penting Diketahui. Online : www.alodokter.com. Diakses tanggal 21 Agustus 2018.
  • Indradie, A. Lifestyle : Pola Hidup Sehat Cegah Kista dan Mioma. Online : www.kompas.com. Diakses tanggal 28 Agustus 2018.
  • Brilian, A. Health : Sering Dianggap Sama, Ini 3 Perbedaan Kista dan Miom yang Harus Kamu Tahu Girls!. Online : www.tribunnews.com. Diakses tanggal 28 Agustus 2018.

traveler
wisata 

×