Articles

Ultrasonografi

Ultrasonografi

Pemeriksaan USG biasanya dilakukan untuk memeriksakan segala macam hal yang terkait dengan kehamilan, seperti untuk mengetahui jenis kelamin bayi, memantau kondisi bayi dalam kandungan, hingga mencari masalah yang berhubungan dengan kehamilan. Namun, ternyata USG juga bisa berfungsi untuk mendeteksi masalah kesehatan lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan lho!

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk  membantu mengidentifikasi penyebab penyakit pada pasien, dokter bisa menggunakan pemeriksaan penunjang, antara lain dengan bantuan alat USG.

USG atau ultrasonografi adalah teknik menampilkan gambaran atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh, seperti organ dalam, jaringan lunak dan pembuluh darah. Dalam mengambil gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang dikirimkan melalui alat yang disebut transuder ke organ dan area sekitarnya. Gelombang suara ini kemudian akan memantul kembali dalam bentuk sinyal listrik ke mesin yang kemudian mengubahnya menjadi gambar. Anda bisa melihat gambar bentuk organ dalam tubuh Anda di layar monitor.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terdeteksi dengan USG seperti gangguan sistem empedu (batu atau radang pada empedu), sistem saluran kemih (pembesaran atau tumor pada ginjal, penebalan dinding saluran kemih, kelainan pada testis), jantung, usus buntu dan pembesaran kelenjar getah bening.

USG bisa dilakukan di klinik atau rumah sakit. Prosedur ini sendiri biasanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Tidak ada larangan setelah melakukan USG, jadi pasien dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Penggunaan alat ini juga tidak memerlukan pembedahan saat menampilkan gambar untuk mendeteksi masalah di dalam tubuh.

Meski pemeriksaan dengan USG memiliki risiko radiasi minimal, namun tetap saja prosedur ini memiliki keterbatasan. Gelombang suara dari alat ini tidak mampu menembus tulang dan gas sehingga dibutuhkan prosedur pemeriksaan penunjang lainnya yang sesuai dengan rujukan dokter untuk identifikasi area-area yang tertutup tulang dan gas.


DAFTAR PUSTAKA

  • Adrian, K. Kesehatan : Lebih Jauh Tentang USG. Online : www.alodokter.com diakses tanggal 14 Agustus 2018.
  • Novianto, A. Informasi Kesehatan : 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dideteksi Lewat USG. Online : www.hellosehat.com diakses tanggal 21 Agustus 2018.

Download artikel Ultrasonografi

traveler
wisata 

×